Konservasi Arsitektur - Gambaran Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya

GAMBARAN KAWASAN DAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA


A.   Gambaran Kawasan
Menteng adalah sebuah kota taman, di kawasan ini banyak dijumpai taman-taman terbuka. Yang terbesar adalah Taman Suropati, yang terletak di antara Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro. Kemudian terdapat Taman Lawang yang terletak di Jalan Sumenep, Situ Lembang di Jalan Lembang, serta Taman Cut Meutia di Jalan Cut Meutia. Di kawasan ini dulu pernah berdiri Stadion Menteng, yang kini telah beralih fungsi menjadi Taman Menteng. Setelah kemerdekaan Indonesia, Menteng menjadi daerah elite di Jakarta. Banyak tokoh-tokoh penting dan konglomerat ternama tinggal di wilayah tersebut.
Sekarang, Menteng menjadi kawasan konservasi cagar budaya dan dilestarikan dengan adanya peninjauan kembali terhadap deliniasi (batas kawasan pemugaran) dengan memperhatikan sikap penggolongan bangunan, sikap terhadap perubahan eksternal dan internal. Sebab, kawasan pemugaran selama ini hanya mengutamakan “bangunan”, namun struktur kota lainnya sebagai pembentuk karakter kawasan tidak mendapat perhatian.

Gambaran kawasan Menteng


B.   Bangunan Cagar Budaya
Berikut ini adalh tinjauan bangunan cagar budaya dalam kawasan Menteng bedasarkan SK Gubernur 475- Peta 1991.


Gambar peta diatas menjelaskan pembagian golongan pada kawasan cagar budaya Menteng yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Terdapat 4 buah golongan (A-D) yang menjadi pembeda.  





Karakteristik arsitektur yang menyolok secara fisik dan sangat visual adalah bentuk atapnya dan ketinggian bangunan. Selain itu, karakteristik lainnya yang juga menyolok, yakni dari segi pandangan tampak bangunan, seperti teras dan teritis, tekstur, pewarnaan dinding, sampai dekorasi, dan detail bangunan. 

Sebagai pelengkap dari lingkungan perumahan, di kawasan Menteng didirikan bangunan publik berupa sekolah yang hingga saat kini masih dipertahankan keasliannya. Sekolah-sekolah tersebut antara lain SD PSKD, SD Argentina, SD Besuki, SD RSBI Menteng, Sekolah St. Theresia dan St. Yoseph.

Selain itu di kawasan Menteng juga didirikan bangunan utilitas antara lain, Gedung NV de Bouwploeg (sekarang Mesjid Cut Mutia), Gedung Bataviasche Kunstkring (sekarang kantor Imigrasi), dan Gedung Nassaukerk (sekarang Gereja St Paulus dan Gereja Theresia).

Struktur cagar budaya lebih menekankan kepada landscape (tata ruang luar) misalnya taman dan jembatan.  Untuk struktur cagar budaya, berikut ini adalah tinjauan cagar budaya dalam kawasan Menteng bedasarkan SK Gubernur 475. 





1 comments:

  1. Mau tanya, klo rumah jalan indramayu termasuk golongan apa ya?

    ReplyDelete

 

PHOTOGRAPH

VSCO GRID

VSCO Grid

Meet The Author

Hi. I'm Clara,an architecture graduate. Enjoy this blog. Hope it's inspire you..
"Words are a lens to focus one’s mind. - Ayn Rand"