Antara Curhat dan Media Sosial


Hai. Hari ini entah kenapa ingin bercerita lewat media ini, setelah beberapa lama absen dari dunia per-blog-an, ingin rasanya menulis lagi. Jaman sekarang menulis (baca: curcol) dapat dilakukan dimana saja, lewat media sosial terutama. Menulis sebuah status di Facebook, Twitter, Path, dsb yang ujung2nya curhat pun bisa dilakukan dalam hitungan detik. Tinggal buka hp, mikir sebentar daaan jadilah sebuah kalimat. Itulah hebatnya jaman sekarang, engga kayak dulu yang masih pake buku harian (diary).
Bicara soal buku harian, dulu gue punya satu. Isinya? Beragam. Dari mulai kegiatan sehari-hari, bicara soal teman, ngomongin orang, sampe cowo yang ditaksirpun lewat buku itu. Cewe-cewe nih yang biasanya update soal diary. Seolah-olah buku harian adalah sahabat terbaik, dia gapernah ngeluh kalo ditulisi, dia gapernah ember, bahkan dia bisa jadi saksi bisu hidup kita. Saking bisa nyimpen rahasianya, buku harian guepun di gembok :’), maksudnya sih untuk memproteksi kalo-kalo ada yang kepo :p. Terakhir kali gue nulis di buku harian adalah saat SMP. Hampir setiap hari, gue nulis disitu. Sekarang? Udah gatau kemana itu buku, padahal kalo masih disimpen seru juga..bisa inget2 pas jaman itu ngalamin apa aja. Yaa walaupun inget beberapa hal menarik di jaman itu, tapi tetep ajakan gakan selengkap ketika nulis disitu. Buat kalian yang masih punya bahkan masih rajin untuk menulis disitu, coba disimpen baik-baik. Lucu lagi kalo beberapa tahun lagi kalian buka, pasti banyak hal yang ga kalian duga-duga yang dulunya pernah kalian tulis, siapatau bisa dibagiin ke anaknya atau bahkan cucunya nanti.. :D
Jaman sekarang, pasti buku harian udah banyak ditinggalin. Orang lari ke blog, macem gue gini. Orang juga lari ke media sosial. Curhat atau share pengalaman bentuknya udah gak sepanjang-panjang gini, paling 1-3 kalimat dan itu bisa dibaca oleh semua orang. Serunya sih kalo di media sosial, bisa ditanggepin sama banyak orang, tapi ya siap-siap aja dikepoin lebih lanjut.. hehe. Dulu ketika awal-awal kenal sosial media, gue adalah orang yang addict sama hal itu. Hampir setiap jam, menit selalu update. Rasa-rasanya berasa ada yang kurang kalau gabuka media itu, bahkan untuk sekedar mengintip demi ngeliat status temen atau orang lain udah bukan hal yang aneh. Ngomong, ngatain orang, nyindir-nyindir, nyinyir, semua yang jelek-jelek udah pernah gue lakuin. Jujur aja, dulu gue belum bisa untuk memfilter itu semua. Gue lupa bahwa apa yang gue tulis akan dibaca oleh followers gue. Asik melakukan hal tersebut tanpa mikir apa dampaknya bagi gue dan orang lain yang gue maksud. Setelah dihadepin sama beberapa masalah dan pelajaran hidup yang sempet mengguncang hidup gue, mengertilah gue sekarang bahwa sosial media dampaknya sangat besar di hidup kita. Orang bisa punya banyak kenalan sama orang lain di sosial media, bisa deket, bisa jatuh cinta, bisa berantem, diadu domba, difitnah, bisa putus bahkan bisa baikan lagi di sosial media.



Apa yang kita tulis dan bagikan ke orang lain secara gak langsung dapat mencerminkan siapa diri kita sebenarnya. Yaa walaupun untuk tau sifat seseorang kamu harus kenal dulu sama dia, setidaknya dari apa yang dia tulis bisa dibaca bagaimana sifatnya. Jadi mulai sekarang, perhatikan apa yang ditulis dan bagikan ke orang lain. Lebih baik di dalam media sosial yang kalian punya mengandung unsur-unsur pengetahuan atau informasi-informasi yang menarik sehingga bisa menginspirasi orang lain. Gue pun lagi belajar akan hal itu. Mari kita sama-sama belajaaar.


Xoxo,

Clara




0 comments:

Post a Comment

 

PHOTOGRAPH

VSCO GRID

VSCO Grid

Meet The Author

Hi. I'm Clara,an architecture graduate. Enjoy this blog. Hope it's inspire you..
"Words are a lens to focus one’s mind. - Ayn Rand"